12.11.10

Segar dan Gurihnya Soto

Makanan ini adalah favorit saya, terutama yang ayam dan sapi, bukan sulung, madura, atau lainnya. Rasanya  segar dan gurih. Dulu saya pikir makanan favorit saya bakso, tapi ternyata saya selalu bernafsu dengan soto hohoho Kapan pun jika ingin, saya selalu makan soto (kalau ada duit juga :p). Waktu kecil saya cuma favorit sama sotonya Le’ Cip dan soto Pak Tembong. Le’ Cip itu tetangga saya. Jadi, kalau sarapan, saya sering beli soto Le’ Cip ini. Murah meriah kolnya banyak banget soale T_T Nah, kalau soto Pak tembong karena tiap ibu saya gajian, saya selalu diajak ke sana. Kebetulan, warung soto pak tembong dekat dengan kantor gajian ibu saya wkwkwk Tapi, belakangan saya baru tahu kalau di Jogja banyak warung soto yang mak nyuss (mesak ke banget yo? Ngerti ngendi-ngendi mbareng wes gede :p). Nih kalau mau jajan soto di Jogja, ini yang pernah saya coba ya, jadi recommended  kalau tiga yang terakhir saya belum nyoba, tapi menurut beberapa kawan, rasanya mak nyuzz. O, iya, ini Cuma soto ayam sama soto daging sapi, kalau soto makassar, sulung, dan lainnya saya nggak tahu, bukan penggemar :D

1.    Soto Pak Tembong, Jl. Hayam Wuruk, Jogja. Dari Hotel Purosani, ke kanan (arah timur), ada lampu merah (perempatan), ke kanan, sebelan kanan (barat) jalan.
2.    Soto Pak Sholeh (Soto Barokah), punya beberapa cabang, tapi pusatnya sih yang di jalan HOS Cokroaminoto, Tegalrejo. Cabang lain: Jl. Adisucipto, sebelah barat hotel Sheraton dan di Stadion Kridosono.
3.    Soto Pak Marto, juga punya banyak cabang, ada yang di Janti, depan gedung JEC; pusatnya di Tamansari, Patangpuluhan
4.    Soto Bu Cip, masih di Tamansari juga, Patangpuluhan, sebelah barat soto Pak Marto, soto daging sapi, lebih mak nyus kalau ditambah telur asin.
5.    Soto Pak Gareng, lokasinya di depan Stasiun Tugu, buka pagi hari, ditambah lenthok dan sate ati hummm yummy…
6.    Soto Kadipiro, ini warung soto yang paling terkenal, banyak yang dari luar kota menyempatkan diri ke warung ini.
7.    Soto Tirto, ada di Jalan Bugisan, perempatan Patangpuluhan ke selatan, hanya buka di pagi hari, suwiran ayam kampungnya gede-gede, kuahnya segar, warungnya "misbar" alias kalau gerimis bubar hehehe saya sarankan bawa mobil atau motor kalau ke sana karena kalau Anda cuma jalan kaki atau naik sepeda, bakal sehari berikutnya Anda baru ditanya, “beli apa?” :p
8.    Soto Sawah, di Soragan, dari Jalan Godean ke sarah selatan.
9.    Soto Klebengan, sebelah utara kampus UGM, di kampung Klebengan, soto sapi.
10.    Soto Njepit, sebelah utara Pasar Beringharjo, letaknya yang nyempil dan sempit menjadikan warung ini dijuluki “njepit”, jadi kalau makan dan pas rame, harus ngantri.
Oke, selamat menikmati menu makan siang, teman-teman, syukur-syukur kalau soto, ditraktir pula aahahaha ahh...segerrr... :)

4 comments:

maya said...

kau coba lah yg no.9 itu. mantabh. fave ku. hahhaa....

Meita Sandra said...

yoh, kapan kita k sana? :p aku nggak tahu jalannya soale wkwkwk

maya said...

klo mood ku mampir. yg pasti pagi, means sunday morning... xoxo

Meita Sandra said...

yoh